Workshop Pemeriksaan Kinerja – Eksekutif Angkatan IV Tahun 2010 di Makassar

kinerjaclarionMakassar. Workshop Pemeriksaan Kinerja – Eksekutif Angkatan IV Tahun 2010 dilaksanakan di Ruang Workshop Azalea Clarion Hotel & Convention Makassar, Jl. A.P. Pettarani No.3 Makassar, Sulawesi Selatan. Workshop berlangsung selama dua hari pada tanggal 2 s.d. 3 Desember 2010. Workshop tersebut diikuti oleh Kepada Auditorat I.B, IV.A, VI.A, VII.B, Inspektur III, Kepala Pusdiklat, dan Kepala Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, NTT, Jawa Barat.

Adapun yang menjadi fasilitator diklat adalah Anggota IV BPK RI, Ali Masykur Musa, Wakil dari ANAO, Paul Nicoll, Kaditama Revbang, Daeng Mochamad Nazier, wakil dari bagian kerjasama luar negeri Biro Humas dan Luar Negeri, Yudi Ramdan dan wakil dari Direktorat Pengembangan dan Penelitian, Hery Wibowo. Materi yang disampaikan mengenai strategi dalam pengembangan pemeriksaan kinerja, konsep pemeriksaan kinerja, pemahaman tentang kinerja dan korupsi, korupsi vs fraud, peran SAI dalam memerangi korupsi dan diskusi tentang pengembangan kinerja di satker dan identifikasi dukungan yang dibutuhkan.

Workshop berlangsung tertib dan lancar. Workshop angkatan IV ini berjalan lebih baik dibandingkan angkatan sebelumnya. Masalah yang dikemukakan oleh fasilitator dengan cepat dapat diselesaikan oleh peserta.Terjadi diskusi yang cukup hangat antara peserta satu dengan peserta lainnya. Semoga kedepannya workshop-workshop lainnya berlangsung dengan lebih baik lagi.