Sosialisasi Grand Design e-Audit Menuju BPK Sinergi dan Pemaparan Draft Nota Kesepahaman e-Audit di Perwakilan BPK RI Sulsel

sosialisasi e-auditMakassar. Selasa, 26 April 2011. BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan Sosialisasi Grand Design e-Audit Menuju BPK Sinergi dan Pemaparan Draft Nota Kesepahaman e-Audit dengan seluruh entitas di Provinsi Sulawesi Selatan. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Serbaguna Lantai 2 Perwakilan Sulawesi Selatan, Jl. A.P Pettarani Makassar. Sosialisasi ini diikuti oleh Kepala SKPKD, Kepala Pengelola TI / PDE dan Kepala Bagian Hukum masing-masing dari 25 entitas se-Sulawesi Selatan

Acara dibuka oleh Ir. Cornell Syarief P., M.M. sebagai Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Selatan.   Dalam pengarahannya, beliau menyampaikan tentang efisiensi pelaksanaan pemeriksaan untuk mendorong tercapainya pelaksanaan pengelolaan keuangan negara/daerah yg transparan dan akuntabel serta mendorong terciptanya pemerintahan yg bersih. Hasil pemeriksaan BPK mengindikasikan tiga permasalahan yang ada di pemerintah daerah yaitu pengembangan peraturan perundang-undangan yang terkait pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah, pengembangan sumber daya manusia yang kompeten dan penerapan sistem informasi berbasis teknologi informasi.

Terkait dengan penerapan teknologi informasi, Kepala Perwakilan juga menjelaskan bahwa Perwakilan akan mencoba mengembangkan sistem  informasi pelaporan paperless dan sistem pemantuan kinerja tim pemeriksa yang ada di daerah. Selain itu beliau menekankan bahwa sistem yang dibuat untuk e-audit akan memberikan kemudahan dan manfaat baik bagi BPK maupun Pemerintah Daerah.

Dalam sesi berikutnya, acara inti tentang sosialisasi  e-audit yang disampaikan Kasubbag Dukungan TI dari Biro TI BPK RI, Iwan Arief Wijayanto, S. Kom, M.M., M.Si. Dalam presentasinya disampaikan mengenai konsep BPK SINERGI yang mencakup misi dan visi penerapan e-Audit, tahapan pengembangan e-Audit, kesiapan TI auditee, konsep dan visualisasi link and match, metode komunikasi data, fungsi maupun fasilitas portal e-Audit dan command center dan penggunaan sistem e-Audit serta roadmap e-audit.

Di sesi terakhir dipaparkan mengenai draft nota kesepahaman e-Audit yang disampaikan oleh Kasubbag Hukum Humas BPK RI Perwakilan Sulawesi Selatan, Daniel Sembiring B., S.H., CFE. Peserta sosialisasi menanggapi dengan menyampaikan beberapa pertanyaan dan usulan. Di akhir acara ditutup dengan ramah tamah dengan peserta sosialiasi.