Kenapa kerja di BPK?

BPK merupakan salah satu lembaga tinggi Negara yang berperan penting bagi bangsa. Pegawai BPK berperan penting untuk menjaga pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara. Pegawai BPK setiap tahun menghasilkan ribuan rekomendasi yang digunakan untuk meningkatkan kinerja pemerintah kepada masyarakat. Pegawai BPK juga berhasil mencegah kecurangan dan mengembalikan kerugian keuangan Negara. Pekerjaan di BPK mencakup seluruh pemeriksaan kegiatan yang dilakukan pemerintah, seperti sektor pendidikan, sumber daya alam, energi, lingkungan, urusan dalam dan luar negeri, transportasi dan BUMN. Selain itu BPK juga dipercaya untuk melakukan Audit di lembaga internasional seperti International Atomic Energy Agency (IAEA) dan lembaga audit Negara lainnya.

BPK memiliki 8 Auditorat di kantor pusat dan 34 Perwakilan diseluruh Provinsi Indonesia. Bekerja di BPK dapat ditempatkan dimana saja sesuai dengan kebutuhan BPK. Untuk menjaga independensi, Auditor BPK secara periodik dimutasi dengan rentang waktu 3-5 tahun. Kondisi ini membuat pegawai BPK berkesempatan berkeliling melihat keindahan Indonesia. Sebagai organisasi yang professional BPK terus mendorong Pegawainya untuk meningkatkan kompetensinya. BPK memberikan kesempatan yang luas kepada pegawainya untuk mengikuti pendidikan formal lanjutan seperti pendidikan Magister dan Doktor atau pendidikan keahlian. BPK merupakan tempat yang tepat untuk orang yang ingin mengembangkan dirinya. Bidang ilmu yang dibutuhkan BPK bervariasi seperti akuntansi, hukum, manajemen, komunikasi, teknik dan berbagai bidang ilmu yang relevan dengan kegaiatan audit pemerintahan.  Proses seleksi BPK didasarkan pada PP 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Info lebih lengkap terkait proses seleksi pegawai BPK dapat diakses melalui cpns.bpk.go.id atau www.bpk.go.id